Never ending Balekambang. Made Arya Wedanthara (kiri) saat mengecek kesiapan destinasi Balekambang hadapi libur Lebaran. (Disparbud)

Never ending Balekambang. Made Arya Wedanthara (kiri) saat mengecek kesiapan destinasi Balekambang hadapi libur Lebaran. (Disparbud)



Destinasi wisata Pantai Balekambang di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, telah puluhan tahun dikenal sebagai serpihan "surga" yang jatuh di Kabupaten Malang. Walau zaman terus berubah dengan membawa berbagai perubahan, misalnya semakin tumbuhnya wisata alam buatan, Pantai Balekambang tidak tenggelam dan ditinggalkan para pecintanya.

Hal ini terlihat dari kunjungan wisatawan ke Balekambang yang setiap tahun meningkat. Tercatat dari data Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang, tahun 2016 kunjungan wisatawan mencapai 526 ribu orang. Lalu naik pada tahun 2017 menjadi 572 ribu wisatawan.

Bahkan, menurut  Kepala Disparbud Kabupaten Malang Made Arya Wedanthara,  Balekambang akan semakin dipadati wisatawan pada momen libur panjang, seperti libur Lebaran yang tinggal hitungan pekan saja. "Kalau masuk libur Lebaran, biasanya bisa mencapai sekitar 10 ribu orang per hari," kata Made Arya.

 Dia juga mengatakan angka tersebut sifatnya fluktuatif. "Bisa berubah dan meningkat. Tapi rata-rata di hari libur Lebaran biasanya ya 10 ribu per hari wisatawan yang datang," ujarnya.

Kunjungan ke Balekambang pernah sempat drop akhir tahun 2018 lalu dikarenakan isu tsunami dan faktor alam yang tidak bersahabat. Balekambang hanya dikunjungi 7 ribu wisatawan setiap hari. "Lebih pada faktor isu tsunami yang begitu kencang di medsos. Sehingga membuat kunjungan Balekambang turun. Tapi di libur Lebaran tahun ini, kami prediksi naik 3 kali lipat," ungkap  Made Arya.

Prediksi adanya peningkatan kunjungan ke Balekambang di hari libur Lebaran 2019 sampai tiga kali lipatnya atau sebanyak 30 ribu orang per hari ke Pantai Balekambang bukan sekadar target semata atau hanya angan-angan. Ahmad Faiz Wildan, dirut PD Jasa Yasa Kabupaten Malang, juga optimistis mampu menjaring kunjungan dengan jumlah 30 ribu per hari ke salah satu destinasi wisata yang dikelolanya itu. 

"Kami optimistis bisa. Selain berbagai penambahan infrastruktur serta fasilitas lainnya, pelayanan kami pun terus ditingkatkan dalam menjamu wisatawan ke Balekambang," kata Wildan, Selasa (22/05/2019).

Berbagai fasilitas di Balekambang memang terus ditambah setiap tahun.  Misalnya dengan adanya berbagai spot foto never ending Balekambang, Lawang Segoro, dan Lawang Kunjung. Begitu pula faktor keselamatan pengunjung.


End of content

No more pages to load