Foto: Screenshot video Instagram @makassar_info
Foto: Screenshot video Instagram @makassar_info

Benar saja apa yang diperkirakan netizen terkait munculnya video permintaan maaf dari kakak tingkat yang melakukan aksi perpeloncoan terhadap mahasiswa baru (maba) di Universitas Khairun, Ternate.

Video permintaan maaf baru saja muncul di akun Instagram @makassar_info, memperlihatkan dua orang kakak tingkat perempuan, yang satu berjilbab biru, satunya lagi berjilbab pink. Keduanya sama-sama memakai masker, namun tidak menutupi wajahnya.

Perempuan berjilbab biru menyampaikan permohonan maafnya terkait insiden viralnya video tindakan tidak terhormat dari senior terhadap maba pada kegiatan Inforient 2019.

"Bersama ini kami berdua mahasiswa Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Kelautan Unkhair. Terkait dengan insiden viralnya video tindakan tidak terhormat dari senior terhadap mahasiswa baru pada kegiatan inforient fakultas perikanan dan kelautan universitas tahun 2019, maka dengan ini kami berdua sampaikan permohonan maaf kepada mahasiswa baru Fakultas Perikanan dan Kelautan tahun 2019 atas tindakan yang tidak terpuji," ucapnya.

Permohonan maaf juga disampaikan mereka kepada orang tua atau wali dan masyarakat yang telah mempercayakan anaknya untuk mengikuti pendidikan di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unkhair.

Selain itu, permohonan maaf juga disampaikan kepada seluruh alumni Fakultas Perikanan dan Kelautan Unkhair atas tindakan yang berdampak ketidaknyamanan para alumni tersebut.

"Permohonan maaf kepada seluruh aktivitas akademik Universitas Khairun, di mana tindakan ini telah mencoreng nama baik institusi yang kami cintai," imbuhnya.

Akibat dari tindakan tersebut, mereka mengaku siap menerima segala sanksi yang diberikan pihak universitas.

"Kami siap menerima segala sanksi yang telah dijatuhkan oleh institusi Universitas Khairun Ternate," tandasnya.

"Demikian pernyataan permohonan maaf kami berdua. Semoga permintaan maaf ini dapat diterima oleh seluruh masyarakat," tutup video permohonan maaf tersebut.

Video permintaan maaf yang diunggah oleh akun @makassar_iinfo itupun menimbulkan tanggapan yang beragam dari netizen. Ada yang menyuruhnya meminta maaf kepada pada junior satu persatu.

"Minta maaf tuh sama juniormu satu persatu beserta ortu-ortunya. Minta maaf sama netizen sudah basi," tulis @mhardi_.

Bahkan, salah satu netizen menyuruhnya meminum air muntahan secara bergantian seperti yang dilakukan mereka pada maba.

"Itu disuruh gantian dong seniornya yang minum air secara bergantian," rulis @ayub_alvaroo.

Atas tindakan para senior ini, akun Instagram @clarazenicha berpendapat, sebaiknya mereka diblacklist dari dari perusahaan-perusahaan.

"Bosanka begini terus endingnya. Bisa nda perusahaan-perusahaan blacklist saja mereka-mereka ini? Dari attitude saja sudah bobrok loh ya," ungkapnya.

Sementara itu, dihubungi oleh MalangTIMES sejak pagi untuk meminta klarifikasi, akun Humas Unkhair dan juga akun Prodinya belum menanggapi hingga saat ini.