Riqi menjalani perawatan di RSUD Blambangan

Riqi menjalani perawatan di RSUD Blambangan



Sungguh malang nasib M. Riqi (9). Di usianya yang masih belia bocah asal Dusun Srampon, Desa Segobang, Kecamatan Licin ini menderita tumor di bagian rahang kanannya. Akibat penyakit yang dideritanya itu, wajahnya membengkak. Mata kanan anak ini  juga tidak berfungsi karena tumornya telah menjalar.

Riqi diduga telah mengidap tumor ini sejak masih bayi. Sumiyah (50), perempuan yang kini merawat bocah ini mengatakan, sejak kecil memang sudah ada benjolan di bagian pipi kanan Riqi. Namun keluarga bocah ini hanya mengira sakit gigi biasa.

“Sejak tiga bulan lalu benjolan itu mulai membesar hingga seperti ini. Pembengkakan itu sempat pecah dan keluar nanah. Saya mulai takut tapi mau berobat kami tidak memiliki biaya,”  kata perempuan yang bekerja sebagai buruh tani ini ditemui di RSUD Blambangan.

Kabar mengenai kondisi Riqi sampai ke pihak Puskesmas Kecamatan Licin. Pihak Puskesmas kemudian membawa Riqi ke RSUD Blambangan untuk dilakukan pemeriksaan pada Senin (9/9/19) lalu. Bocah yang sempat mengenyam bangku sekolah inipun menjalani rawat inap hingga Rabu  (11/9/19).

Sumiyah menyatakan, dirinya mulai merawat Riqi sekitar 3 bulan yang lalu. Sebelumnya Riqi dirawat oleh Yohani, yang merupakan ibu angkatnya. Sebelum meninggal dunia, Yohani sempat meminta dirinya untuk merawat Riqi jika Yohani meninggal.

“Bu Yohani  sudah mengasuh Riqi sejak kecil. Dia memang diminta oleh ibu kandung Riqi. Ibu Kandung Riqi meninggal dunia ketika anaknya masih berusia beberapa bulan. Sejak itu, Riqi diasuh oleh Ibu Yohani,” jelas istri dari Slamet Paryono ini.

Direktur RSUD Blambangan dr. Asiyah Aswin menyatakan, Riqi harus menjalani rawat inap dikarenakan  dilakukan ct scan. Sebelumnya Riqi sudah menjalani pemeriksaan patologi anatomi. Dugaan awalnya Riqi menderita tumor ganas.

“Ini akan dirujuk ke Surabaya. Ini masih suspect belum diagnosa pasti. Untuk diagnosa menunggu semua selesai. Itu dugaan awalnya keganasan. Tumor ganas. Nanti pemeriksaan lanjutan nanti dirangkum jadi satu,” ujarnya dikonfirmasi melalui telepon selulernya.

Untuk diketahui Riqi merupakan anak dari pasangan Rifai dan Nurhayati. Rifai sudah meninggal dunia saat Riqi masih dalam kandungan. Sementara Nurhayati meninggal saat Riqi masih berusia beberapa bulan. Perempuan ini meninggal dunia karena penyakit sesak nafas.

 


End of content

No more pages to load