(dari kiri) Ariana Grande, Justin Bieber, dan Mariah Carey. (Foto istimewa)
(dari kiri) Ariana Grande, Justin Bieber, dan Mariah Carey. (Foto istimewa)

Kehangatan Natal begitu terasa di banyak tempat. Mulai di rumah bagi yang merayakan, di gereja, hingga pusat perbelanjaan, restoran-restoran, dan lain-lain. Hari Natal juga dijadikan momen untuk berkumpul bersama keluarga dan kerabat.

Saat perayaan Natal, sejumlah lagu-lagu bernuansa rohani selalu diputar untuk menghiasi momentum tersebut. Alunan lagu-lagu Natal bernuansa gembira dan penuh dengan rasa syukur banyak terdengar di mana-mana.

Berikut ini 10 lagu bertema Natal yang paling hits dan kerap diputar pada setiap perayaan Natal setiap tahun.

1. All I Want for Christmas - Mariah Carey

Sejak dirilis pada tahun 1994, lagu ini selalu terdengar setiap tahun, khususnya di setiap perayaan Natal. Seakan tak usang dimakan zaman, lagu ini menjadi salah satu prestasi terbesar Mariah Carey.

Pada 16 Desember 2019 lalu, lagu yang dinyanyikan Mariah Carey itu berhasil menduduki puncak Billboard Hot 100 setelah 25 tahun dirilis.

Menurut data Billboard, All I Want for Christmas is You menjadi lagu digital terlaris sepanjang masa. Lagu itu sudah diunduh atau dibeli sebanyak 3,6 juta kali.

Menurut The Economist, All I Want for Christmas is You kini telah menghasilkan royalti lebih dari 60 juta dollar .

2. Mistletoe - Justin Bieber

Mistletoe merupakan salah satu single dalam album Under The Mistletoe yang dirilis pada tanggal 17 Oktober 2011. Mistletoe diciptakan sendiri oleh Justin.

Tak disangka, lagu tersebut berhasil menarik perhatian publik di dunia dan tetap populer hingga saat ini. Bahkan, disejajarkan dengan lagu "All I Want for Christmas is You" milik Mariah Carey.

Lagu ini turut memanjakan para penikmat musik pada hari Natal. Pada tahun 2016 silam, Mistletoe berada di urutan keempat daftar single Natal terlaris sepanjang masa yang dirilis Nielsen SoundScan. 

Lagu tersebut sukses membukukan total penjualan sebanyak 1,1 juta unduhan. Belum sampai di situ, Mistletoe juga meraih sertifikasi double multi-platinum. 

3. Last Christmas - Wham!

Meski memiliki makna mengenai patah hati pada hari Natal, lagu Last Christmas dari Wham! sangat disukai dan sering menjadi lagu yang banyak diputar pada saat Natal.

Dirilis dalam album bonus Wham! yang berjudul ‘Everything She Wants’ pada 1984, lagu ini ditulis oleh George Michael. Last Christmas bertengger selama 13 minggu di tangga lagu Inggris setelah dirilis. Dan hingga saat ini, Last Christmas masih banyak diputar di saat Natal.

Merespon hal ini, Sony Music Entertainment berusaha mengembalikan kepopuleran Wham! melalui video klip Last Christmas yang di-remaster atau diperbaharui. Belum lama ini, Sony mengunggah video klip Last Christmas ke YouTube dalam kualitas video 4K atau sekitar 2160p. Tak hanya proses visual yang dipertajam, kualitas suara dari video musik natal ini juga ditingkatkan. 

4. White Christmas - Bing Crosby

White Christmas merupakan salah satu lagu Natal paling populer. Guinness World Records menyebutnya sebagai salah satu single paling laris sepanjang masa. Lagu yang dinyanyikan Bing Crosby ini berkisah tentang syahdunya suasana Natal.

5. Santa Tell Me - Ariana Grande

Lagu ini termasuk dalam album Christmas Kisses yang rilis Ariana Grande pada tahun 2013. Santa Tell Me bercerita tentang permintaan seseorang kepada Santa agar tak jatuh cinta jika orang yang disayang tak bisa bersamanya. Lagu itu juga menanyakan apakah keberadaan Santa memang benar-benar nyata.

6. Let It Snow! Let It Snow! Let It Snow! - Dean Martin

Lagu ini ditulis oleh Sammy Cahn dan Jule Styne pada 1945. Tidak spesifik mengenai Natal, Let It Snow sebenarnya adalah lagu bertemakan musim salju. Namun, karena perayaan Natal kerap diidentikkan dengan musim dingin, lagu ini lalu menjelma menjadi salah satu lagu yang wajib diputar menjelang tibanya hari Natal.

7. Jingle Bell Rock - Glee

Jingle Bell Rock termasuk salah satu hit yang sering diputar selama perayaan Natal. Lagu ini ditulis Joseph Carleton Beal (1900–1967) dan James Ross Boothe (1917–1976). Setelah banyak musisi yang meng-cover, lagu ini juga dibawakan para pemain dari serial Glee.

8. Have Yourself a Merry Little Christmas - Judy Garland

Semula lagu ini direkam Judy Garland untuk film musikal Meet Me in St. Louis pada 1944 silam. Kemudian lagu ini digubah oleh Frank Sinatra pada 1957. Lalu dinyanyikan ulang oleh Sam Smith di tahun 2014.

9. Silent Night - Franz X. Gruber

Salah satu lagu yang paling populer di malam Natal adalah lagu Silent Night. Saking populernya, lagu Silent Night ini sudah banyak dibuat dalam berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia yang menjadi Malam Kudus. Lagu ini berjudul asli Stille Nacht.

Tahun 2011, lagu Silent Night oleh Unesco ditetapkan sebagai warisan budaya. Berdasarkan sejarah, lirik lagu ini ditulis pertama sekali oleh Joseph Mohr, dalam bahasa Jerman dengan judul "Stille Nacht", pada 1886. Selanjutnya dibuatkan melodinya oleh Franz X. Gruber, dan diperdengarkan pertama kali pada perayaan Natal, 25 Desember 1888, di Gereja Nikolas (Nicole Kirche), Obendorf, Austria.

10. O, Holy Night - Mariah Carey

Lagu ini sendiri berasal dari puisi Perancis yang ditulis oleh seorang pembuat Wine, Placide Cappeaui. O Holy Night lalu dikomposisikan oleh Adolphe Adam pada tahun 1847. Salah satu versi terfavorit dari lagu ini ialah milik Mariah Carey yang dirilis pada tahun 1994.